Mioma Uteri

Myoma uteri atau fibroid, atau yang dikenal dengan sebutan miom, adalah tumor jinak yang berasal dari rahim, yang biasanya berbentuk bulat atau lonjong. Miom ada bermacam-macam tergantung pada lokasinya di dalam rahim. Ada yang berada dilapisan luar rahim (myom subresosa), dibawah lapisan dalam rahim (myom submukosa) dan ada yang terdapat dilapisan otot rahim (myom intramural). Miom merupakan masalah yang jutga sering ditemukan pada wanita namun sama seperti kista ovarium, kehadirannya sering tidak disadari.

Meski beberapa faktor yang dapat mendorong terbentuknya myom, namun penyebab miom pastinya belumlah diketahui. Beberapa faktor yang yang mendukung terbentuknya myom antara lain riwayat keluarga dengan myom, ras (Afrika) haid pertama kali sebelum mencapai usia 10 tahun, konsumsi alkohol, infeksi rahim dan hipertensi. Kehamilan dan pil KB menurunkan kecenderungan berkembangnya myom. Meski demikian hormon estrogen nampaknya dapat merangsang pertumbuhan miom. Pada awal kehamilan, sekitar 30% miom akan membesar dabn mengecil kembali setelah melahirkan. Biasanya miom akan mengecil sesudah menopause.

Kebanyakan penderita myom tidak merasakan gejala. Namun, jika ada, maka gejala yang paling sering  timbul adalah pendarahan yang tidak normal dari rahim. Misalnya haid yang sangat banyak, nyeri saat haid, haid yang lama, atau bercak darah meski tidak sedang haid. Pendarahan yang banyak dapat menyebabkan kurang darah atau anemia. Gejala lain yang dapat timbul adalah nyeri pada perut bagian bawah, sering kencing, kesulitan dalam berkemih atau buang air besar dan nyeri pinggang atau kaki.

Meskipun myom tidak menganggu proses ovulasi, namun beberapa penelitian menunjukan bahwa myom dapat mengganggu keseburan dan dapat menyebabkan keguguran.

 


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mioma Uteri and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>