Penanganan Mioma Uteri

Sama seperti kista, myom yang tidak menyebabkan gangguan dapat dibiarkan saja tanpa terapi. Dengan catatan, miom yang pertumbuhannya cepat sebaiknya diawasi karena ada kemungkinan menjadi ganas. Selain itu, jika dibiarkan miom kadang dapat menjadi besar dan mengganggu sehingga perlu dibuang. Jika sudah terlalu besar, operasi menjadi lebih sulit dan beresiko.

Miom dapat diketahui keberadaannya melalui pemeriksaan ultrasonografi. Meskipun pemeriksaan lain seperti CT-Scan atau MRI dapat juga digunakan, namun USG tetap pemeriksaan yang paling mudah, murah dan cukup akurat. Untuk mendeteksi miom yang menonjol ke dalam rongga rahim terkadang diperlukan bantuan hiterosalpingogram (HSG). Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara memasukkan cairan khusus ke dalam rahim melalui mulut rahim sambil dilakukan USG atau rontgent.

Untuk mengatasi miom, dapat dilakukan melalui dua cara yaitu pembedahan dan pemberian obat. Tentunya hal ini dapat dikonsultasikan kepada dokter. Umumnya terapi pembedahan hanya dilakukan jika memang diperlukan. Pembedahan dapat dilakukan dengan hanya membuang bagian rahim yang mengandung myom, dan dapat juga membuang rahim secara keseluruhan (histerektomi). HIsterektomi hanya dilakukan jika benar-benar diperlukan dan jika pasien tidak berencana memiliki anak lagi. Cara lain adalah dengan embolisasi yaitu dengan membuat sumbatan pada pembuluh darah yang memberi makan jaringan myom.

Terapi dengan obat-obatan biasanya melibatkan obat yang mengandung hormon, yang bertujuan menghambat produksi hormon estrogen dari ovarium. Obat diberikan selama tiga sampai enam bulan dan dapat mengecilkan myom sampai 50%. Namun perlu diingat bahwa obat hormonal dapat menimbulkan gejala-gejala menyereupai gejala primenopause  seperti rasa panas, gangguan tidur, vagina kering, perubahan mood dan yang paling penting adalah osteoporosis.


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mioma Uteri and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>